Timnas basket putri kalah dari China 52-101

Diposting pada

Roda Berita – Timnas bola basket putri menelan kekalahan kedua di ajang Asian Games 2022 saat melawan China dengan skor akhir 52-101 dalam laga babak Grup A cabang olahraga bola basket yang digelar di HOC Gymnasium Hangzhou, China, Jumat.

Timnas basket putri Indonesia tidak bisa bicara banyak menghadapi tim peringkat kedua dunia FIBA dengan kalah di seluruh lini permainan.

Mengutip statistik pertandingan di laman resmi Asian Games, Indonesia kalah telak dalam hal akurasi tembakan, rebound, assist, dan turnover.

Timnas Basket Putri Indonesia hanya bisa melakukan percobaan tembakan sebanyak 52 kali selama 40 menit, dengan hanya 20 bola yang masuk (20-52) atau akurasi 38 persen. Sementara lawannya China, memiliki akurasi tembakan 46 persen dengan 39-84.

Indonesia dibombardir tembakan tiga angka dari China yang memasukkan 11 bola dari 29 percobaan, atau akurasi 38 persen. Sementara Indonesia hanya mampu mencetak 9 angka dari tembakan tripoin, atau akurasi 21 persen dengan 3-14.

Dalam hal rebound, Indonesia melakukan 31 tangkapan bola pantul sementara China mengumpulkan 51 rebound. Terlebih pada offensive rebound, Indonesia hanya mengamankan 6 bola ketika menyerang, berbanding dengan China yang melakukan 22 tangkapan.

Assist yang dibukukan Indonesia hanya 9 kali, sedangkan China mencatat 36 assist. Selain itu, Indonesia juga melakukan 27 kali kesalahan yang menyebabkan turnover dan membuahkan 28 poin untuk China. Di atas kertas, Indonesia kalah di semua lini.

Bahkan Henny Sutjiono dkk memulai laga sudah dengan sangat lambat. Mereka baru bisa mencetak poin setelah kuarter pertama berlangsung enam menit. Di kuarter pertama itu pula performa terburuk Timnas Putri dengan hanya mencatatkan 6 poin.

Walaupun perolehan poin yang dibuat oleh Indonesia kian meningkat di tiap kuarter, namun tidak cukup kuat untuk mengejar China yang dominan di atas lapangan.

Kimberley Pierre Louis menjadi pencetak poin tertinggi untuk Indonesia dengan 22 poin, ditambah dengan 9 rebound. Selain Kim, tak ada lagi pemain Indonesia lainya yang mencetak lebih dari 10 poin.

Dengan kekalahan keduanya di ajang Asian Games 2022 Hangzhou, Timnas Basket Putri Indonesia terpendam di dasar klasemen sementara Grup A. Peringkat satu ditempati China, kedua India, dan ketiga Mongolia.

Timnas Putri tinggal menyisakan satu laga di Grup A, yakni melawan Mongolia pada Minggu (1/10). Perjuangan timnas basket putri Indonesia sesungguhnya belum benar-benar berakhir karena masih memiliki kesempatan untuk bisa lolos babak grup, yaitu dengan syarat mengalahkan Mongolia di gim terakhir dengan selisih poin sebanyak-banyaknya agar bisa menembus perempat final via jalur tim peringkat ketiga terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *