Warga Cipayung resah kawanan monyet liar masuk permukiman

Diposting pada

Roda Berita – Warga RW 01 dan RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, resah karena adanya kawanan monyet liar yang memasuki permukiman mereka.

Kawanan monyet liar yang berjumlah mencapai sekitartujuh ekor tersebut berkeliaran permukiman warga dengan cara bergelayut pada kabel udara dan melompat di atap-atap rumah warga.

Salah satu warga, Subekti mengatakan, sejak Sabtu (30/9) kawanan monyet liar itu terlihat di kawasan Kelurahan Munjul. Namun, kawanan itu berpindah-pindah dan pada Senin berada di permukiman warga Cipayung.

Meski tidak masuk ke dalam rumah, namun keberadaan kawanan monyet tersebut meresahkan karena dikhawatirkan menyerang warga dan memicu penularan penyakit rabies.

Karena itu, dia berharap petugas terkait lekas menangkap kawanan monyet liar tersebut sebelum terjadi kasus warga yang diserang.

“Takutnya sewaktu-waktu masuk rumah warga untuk mencari makanan. Kita mau ngusir juga kan mikir-mikir karena takut digigit. Kemarin saja enggak ada yang berani nangkap,” kata Subekti.

Warga menduga kawanan monyet liar tersebut awalnya berdiam di Buperta Cibubur, namun menyerbu masuk ke permukiman warga Kecamatan Cipayung untuk mencari makanan.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya pada Senin siang telah mengirimkan personel untuk melakukan penyisiran kawanan monyet liar itu.

“Kita mulai pencarian pukul 11.01 WIB, selesai pukul 12.10 WIB di wilayah permukiman warga RW 01 dan RW 08 Kelurahan Cipayung. Untuk monyet nihil, tidak terlihat di lokasi,” tutur Gatot.

Namun, pihaknya berupaya melakukan penangkapan bila kawanan monyet liar tersebut kembali terlihat di permukiman warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *