MotoGP Spanyol 2024 – Doa Sederhana Fabio Quartararo yang Berulang Tahun

Diposting pada

Roda Berita – Fabio Quartararo merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada Sabtu (20/4/2024) kemarin, sepekan sebelum bergulirnya seri MotoGP Spanyol.

Secara kebetulan, MotoGP Spanyol punya tempat khusus dalam kehidupan El Diablo sehingga doa yang besar sebenarnya tidak berlebihan.

Di MotoGP Spanyol lah Quartararo berhasil mencetak pole position dan kemenangan pertamanya di kelas para raja. Rekornya juga impresif di sana.

Posisi start pertama direngkuh pembalap asal Nice, Prancis, itu pada 2019. Tahun berikutnya, dia bahkan menang dua kali di Sirkuit Jerez yang menjadi arena lomba.

Quartararo hampir saja melanjutkan tren kemenangan di MotoGP Spanyol pada 2021 andai tidak mengalami sindrom kompartemen saat sudah memimpin.

Tahun berikutnya pun Quartararo masih bisa finis sebagai runner-up, tepat di belakang Francesco Bagnaia saat tanda-tanda dominasi Ducati mulai terlihat.

Akan tetapi, krisis yang dialami Yamaha pada 2023 memengaruhi pencapaiannya di lintasan yang pernah dikuasainya ini.

Pada MotoGP Spanyol musim lalu, Quartararo gagal lolos ke kualifikasi 2. Start dari posisi ke-16, dia cuma bisa finis ke-12 saat sprint dan ke-10 saat balapan.

Yamaha sendiri belum benar-benar bangkit saat ini.

Pada seri sebelumnya yaitu MotoGP Americas, pabrikan Garpu Tala bahkan membuat pertaruhan dengan menurunkan motor yang benar-benar berbeda untuk tujuan pengembangan.

Quartararo pun tidak masalah dengannya. Setelah perpanjangan kontrak dengan Yamaha diteken, dia memilih untuk melihat selangkah lebih jauh ke depan.

Pola pikirnya tidak berubah pada akhir pekan ini.

Doa ulang tahunnya barangkali bukan untuk hasil akhir pekan ini melainkan untuk menjadi juara dunia lagi pada masa mendatang.

“Saya merayakan ulang tahun saya akhir pekan lalu, dan saya ingin berterima kasih atas banyak ucapannya dan pesan dari para penggemar,” ucap Quartararo dalam rilis resmi tim.

“Sekarang kami kembali bekerja. Kami mencoba banyak hal di Austin dan itu luar biasa karena memberi kami lebih banyak kejelasan.”

“Cal Crutchlow (pembalap penguji Yamaha) melakukan tes di Barcelona pekan lalu dan kami juga akan mendapatkan tes satu hari di Jerez setelah balapan.”

“Ini akan menjadi periode yang sibuk bagi kami, dan kami berharap bisa menyelesaikan banyak pekerjaan, karena target utama kami sekarang adalah pengembangan motor.”

Yamaha mendapatkan keleluasaan besar untuk mengembangkan motor karena status konsesi yang baru sebagai pabrikan kelas D.

Selain tidak dibatasi untuk melakukan pengujian, kecuali karena alokasi ban untuk tes, Yamaha berhak untuk mengganti mesin motor mereka saat kejuaraan berlangsung.

Pembalap reguler seperti Quartararo juga diperbolehkan untuk ikut dalam agenda tim penguji Yamaha di luar jadwal tes resmi yang ditetapkan MotoGP.

Seri balap MotoGP Spanyol 2024 akan digelar pada akhir pekan ini, 26-28 April 2024, di Sirkuit Jerez, Jerez, Spanyol.

Para pembalap kemudian kembali mengaspal pada Senin (29/4/2024) di lintasan yang sama untuk tes resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *