11 Tanda Wanita Mandul yang Perlu Dikenali Sejak Dini
Tanda Wanita Mandul yang Perlu Dikenali

11 Tanda Wanita Mandul yang Perlu Dikenali Sejak Dini

Diposting pada

Tanda Wanita Mandul – Sebuah pasangan yang baru menikah hal pertama yang menjadi dambaan mereka tentu saja kehadiran buah hati dong ya. Ada si kecil dalam keluarga adalah satu karunia tertentu yang diberikan oleh Yang Kuasa untuk membuat suasana rumah jadi lebih ramai dan tentunya juga bisa jadi lebih menarik ya.

Ehm, namun seringkali keinginan  tidak berjalan sesuai apa yang sudah mereka rencanakan nih. Ada banyak faktor yang mempengaruhi mereka dalam keinginannya mempunyai keturunan. Ini dapat saja disebabkan oleh wanitanya yang kurang subur serta tidak jarang sih malah si laki-lakinya yang kurang subur.

Sebenarnya, emang tidak ada sih tanda khusus yang dapat menyatakan jika seorang wanita itu akan mandul atau tidak. Tetapi, ternyata ini dapat dilihat dari beberapa tanda wanita mandul berikut yang dapat diamati sejak remaja.

11 Tanda Wanita Mandul yang Perlu Dikenali

1. Menstruasi tiba-tiba tidak datang

Wanita yang mengalami menopause bisa saja memang tidak akan mengalami menstruasi. Tetapi semua itu menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Sementara pada wanita yang masuk usia subur bisa saja tidak mengalami menstruasi secara tiba-tiba.

Ini artinya jika wanita itu tidak mengalami menstruasi tanpa gejala apapun. Ini menjadi petunjuk jika ada masalah hormon yang paling serius dan kemungkinan masalah penyakit reproduksi pada wanita.

Tanda Wanita Mandul. Ilustrasi foto: Pexels

2. Kurang berat badan

Dilansir dari hamil.co.id, tanda wanita mandul itu sering mengalami masalah hormon dan hal tersebut dapat dilihat dari fisiknya. Salah satunya ialah berat badan yang sangat rendah. Ini bisa saja karena beberapa hal termasuk olahraga secara keras yang merusak sistem hormon dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Kemudian saat wanita melakukan diet tanpa lemak karena itu berat badan akan menurun dengan cepat. Sampai berakibat berat badan akan menurun dengan cepat yang kemudian dapat memicu kacaunya sistem hormon dan membuat wanita tidak subur atau menjadi tanda wanita mandul.

3. Berat badan naik dengan cepat

Wanita yang tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan dapat terjadi karena PCOS. Ini dapat membuat kadar androgen yang sangat tinggi. Kemudian produksi insulin juga bisa menjadi lebih tinggi.

Gangguan sistem hormon ini sangat berat untuk tubuh dan dapat membuat tubuh wanita memiliki metabolisme yang lebih berat. Inilah yang membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk dibandingkan wanita lain.

4. Menstruasi berat

Seorang cewek yang mengalami menstruasi berat belum tentu ia itu subur. Karena kelebihan darah pada saat menstruasi menjadi tanda ada kondisi yang berpotensi pada kemandulan.

Pendarahan berat salah sarunya gangguan menstruasi yang terjadi karena penebalan dinding rahim, hormon tidak seimbang serta dapat dipicu oleh tingkat stress yang tinggi. Selain itu pendarahan berat saat menstruasi itu dapat terjadi karena tidak ada progesteron dalam tubuh yang bisa jadi pemicu ovarium tidak menghasilkan sel telur.

Tanda Wanita Mandul. Ilustrasi foto: Pexels

5. Mestruasi tidak teratur

Tanda wanita mandul lainnya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Bisa saja dalam satu waktu menstruasi tiba dengan cepat. Tetapi, dalam waktu berikutnya justru terjadi menstruasi berat. Dan pada periode tertentu bisa saja tidak mengalami menstruasi sama sekali.

Ini dapat menunjukkan bila tubuhmu tidak mengalami ovulasi sama sekali sehingga tidak ada sel telur. Dan ini merupakan salah satu masalah berat, yang menjadikan seorang cewek itu tidak dapat hamil, kecuali dengan melakukan perawatan tertentu.

6. Rambut semakin rontok

Saat wanita mengalami rambut rontok karenanya bisa menjadi tanda yang sangat serius. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan rambut semakin tipis dan membuat Anda tidak percaya diri. Dampak yang sering terjadi termasuk seperti kelenjar tiroid yang tidak normal, ada penyakit autoimun, anemia, dan produksi androgen yang tinggi . Jadi perhatikan tanda wanita mandul ini.

7. Tiba-tiba berjerawat parah

Wanita yang tidak subur bisa juga mengalami masalah jerawat. Jerawat yang parah menjadi tanda jika ada masalah hormon yang serius. Saat jerawat buruk karena itu wanita dapat mengalami PCOS dimana tubuh memproduksi hormon androgen yang lebih banyak.

Ini ialah hormon yang seharusnya ada pada tubuh pria sehingga dapat mengganggu kesuburan jika terjadi pada wanita. Produksi hormon androgen yang tinggi bisa juga menyebabkan ovulasi tidak teratur, jerawat yang sangat banyak dan menstruasi yang tidak normal.

8. Menstruasi sangat sakit

Tidak semua rasa sakit saat menstruasi mengacu pada tanda wanita mandul, karena ini menjadi kondisi yang normal. Tetapi beberapa wanita yang mengalami ini juga bisa terjadi karena memang mandul. Menstruasi yang sangat menyakitkan dapat terjadi karena masalah hormon dan penyakit pada ovarium atau indung telur.

Terlebih jika disertai dengan beberapa gejala seperti sakit saat buang air kecil, darah yang lebih banyak, darah menggumpal, ada darah saat buang air kecil dan rektum yang sakit. Endometriosis terkadang tidak dapat didiagnosa tetapi dengan pemeriksaan detil karena itu dapat ditemukan dengan cepat.

Tanda Wanita Mandul. Ilustrasi foto: Pexels

9. Banyak rambut pada tubuh

Umumnya wanita memiliki rambut yang lebih sedikit dibandingkan pria. Tetapi saat produksi androgen dalam tubuh sangat tinggi karena itu wanita dapat memiliki rambut halus yang lebih banyak.

Jenis rambut halus ini banyak ditemukan pada bagian atas bibir, wajah, pergelangan tangan, ketiak, dada dan perut. Jika sudah ada gejala ini karena itu androgen dalam tubuh bisa saja sangat tinggi dan harus segera diobati.

10. Nafsu seks yang rendah

Tanda wanita mandul yang lain biasanya memiliki tingkat nafsu seks yang sangat rendah. Mereka tidak mempunyai dorongan hubungan intim yang normal seperti wanita yang subur. Ini dapat muncul karena depresi atau stres.

Namun saat wanita mempunyai gangguan pada sistem reproduksi karena itu biasanya akan mengeluh sakit setelah berhubungan intim. Dan berikut yang mungkin bisa menjadi penyebab tidak ada dorongan untuk berhubungan intim.

11. Ketidakmampuan hamil setelah menikah

Saat wanita telah menikah lama dan tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun, tapi juga tidak hamil maka itu bisa menjadi tanda wanita mandul. Biasanya kondisi ini dapat dinyatakan sesudah ada pemeriksaan. Tetapi gejala awal tetap dapat diamati sesuai dengan beberapa gejala lain diatas.

Inilah berbagai ciri wanita mandul sejak dini yang dapat diamati baik dengan pemeriksaan dokter atau hanya dengan melihat gejala lain. Ciri ini sangat jelas tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat karena itu pemeriksaan dokter tetap diperlukan agar lebih tentu.

Itulah ulasan dari RodaBerita.com tentang tanda wanita mandul yang perlu dikenali sejak dini, untuk itu wajib bagi para wanita wajib mengetahuinya agar dapat terdeteksi dan bisa mencari jalan keluarnya. Semoga ini dapat bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *